Langsung ke konten utama

Wisata Alam, Budaya dan Sejarah di Garut

Wisata Sejarah di Garut, EO Outbound di Garut, Paket Outbound di Garut, Paket Wisata di Garut
Candi Cangkuang , wisata alam, budaya dan sejarah di Garut

Candi Cangkuang : wisata alam, budaya dan sejarah di Garut

Kontributor : Muhammad Gielang - http://facebook.com/GielangBintang

Candi Cangkuang pertama kali ditemukan pada tahun 1966 oleh tim peneliti Harsoyo dan Uka Tjandrasasmita berdasarkan laporan dalam buku Notulen Bataviaasch Genotschap terbitan 1893 mengenai adanya sebuah arca yang rusak serta makam kuno di bukit Kampung Pulo, Leles. 
Makam dan arca Syiwa yang dimaksud memang diketemukan.


Pada awal penelitian terlihat adanya batu yang merupakan reruntuhan sebuah bangunan candi. Makam kuno yang dimaksud adalah makam Mbah Arief Muhammad yang dianggap penduduk setempat sebagai leluhur mereka. Selain menemukan reruntuhan candi, terdapat pula serpihan pisau serta batu-batu besar yang diperkirakan merupakan peninggalan zaman megalitikum. 
Penelitian selanjutnya tahun 1967 dan 1968 berhasil menggali bangunan makam walaupun hampir bisa dipastikan bahwa candi ini merupakan peninggalan agama Hindu (diperkirakan abad ke 8M, satu jaman dengan candi-candi di situs Batujaya dan Cibuaya), yang mengherankan adalah adanya pemakaman Islam disampingnya.

Bangunan Candi Cangkuang yang sekarang dapat kita saksikan merupakan hasil pemugaran yang diresmikan tahun 1978. Candi ini berdiri kokoh pada sebuah lahan persegi empat berukuran 4.7 x 4.7 meter dengan tinggi 0.30 meter. 
Kaki bangunan yang menyokong pelipit padma, pelipit kumuda dan pelipit pasagi ukurannya 4.5 x 4.5 meter dengan tinggi 1.37 meter. Di sisi timur terdapat penampil tempat tangga naik yang panjangnya 1.5 meter dengan lebar 1.26 meter.
Tubuh bangunan candi bentuknya persegi empat 4.22 x 4.22 meter dengan tinggi 2.49 meter. Di sisi utara terdapat pintu masuk berukuran tinggi 1.56 meter dan lebar 0.6 meter. 
Puncak Candi ada dua tingkat. Didalam candi terdapat sebuah ruangan berukuran 2.18 x 2.24 meter yang tingginya 2.55 meter.  Didasarnya terdapat cekungan berukuran 0.4 x 0.4 meter dengan kedalaman 7 meter.

Diantara sisa2 bangunan Candi, ditemukan juga arca (tahun 1800an) dgn posisi sedang bersila di atas padmasana ganda. Kaki kiri menyilang datar yang alasnya menghadap ke sebelah paha kanan. Kaki kanan menghadap ke bawah beralaskan lapik. Di depan kaki kiri terdapat kepala sapi (nandi) yang telinganya mengarah ke depan. 
Dengan adanya kepala nandi ini, para ahli menganggap ini adalah arca Syiwa. Kedua tangannya menengadah diatas paha. Pada tubuhnya terdapat penghias perut, dada dan telinga.


Postingan populer dari blog ini

Destinasi Wisata, Outing, Gathering, Outbound di Garut

Destinasi Wisata, Outing, Gathering, Outbound di Garut GARUT JAWA BARAT, merupakan destinasi wisata yang patut jadi opsi untuk Perusahaan/Kantor, Organisasi maupun Sekolah yang akan menyelenggarakan kegiatan : - Company Gathering Outbound - Family Gathering - Perpisahaan Sekolah - Acara Khusus ( Reuni, Arisan, Meeting ) - dsb. GARUT yang terkenal dengan makanan khas oleh-oleh DODOL GARUT, merupakan destinasi menarik untuk kegiatan Group Gathering. Dengan dukungan EO yang berpengalaman dan profesional akan membantu merencanakan sampai dengan pelaksanaan kegiatan Outing Gathering Outbound di Garut. Beberapa aktifitas pendukung dapat dikemas di Garut seperti : - Team Building - Paintball - Rafting - Tubing - Offroad - dsb Info wisata Gathering, Outing, Outbound, EO untuk kegiatan Company Gathering, Family Gathering, School Program dengan kemasan Wisata Alam dan Outbound di Garut, hubungi : eo outbound di garut, outbound garut, company gathering garut, fam

Family Gathering di Garut, Outbound Garut, Outbound Lembang

Family Gathering di Garut Family Gathering di Garut merupakan salah satu paket untuk kegiatan Outboun Gathering Perusahaan yang melibatkan keluarga karyawan. Dengan berbagai aktifitas dapat dipilih untuk membuat acara group Anda menjadi lebih seru. Beberapa pilihan penginapan hotel atau resort untuk Family Gathering di Garut tergantung konsep dan harga. Info wisata Gathering, Outing, Outbound, EO untuk kegiatan Company Gathering, Family Gathering, School Program dengan kemasan Wisata Alam dan Outbound di Garut, hubungi : eo outbound di garut, outbound garut, company gathering garut, family gathering outing garut GARUT DISCOVERY

Outbound di Garut, EO Outbound di Garut, Wisata di Garut, Ekowisata di Garut

PAPANDAYAN GARUT, DESTINASI EKOWISATA KONSEP GUNUNG DI GARUT Gunung Papandayan di Garut menawarakan konsep wisata outbound dengan aktiftas yang unik dan seru. Lebih dekat dengan alam dan sang Pencipta akan terasa saat kita berwisata di garut memalui kemasan ekowisata di Gunung Papandayan Garut Gunung Papandayan Garut, dengan kepulan asap menjadi pemandangan yang eksotis, sekaligus meningkatkan rasa syukur dan kecintaan kita kepada sang Maha Pencipta.